Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui

 




 Healtinfo.com .Assalamualaikum Wr. Wb. Jahe, saat anda mendengar kata jahe pasti anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Iya, jahe adalah salah satu bumbu masak yang biasa digunakan untuk memberikan rasa yang khas dan bau yang menyegarkan. Selain untuk bumbu masakan jahe juga bisa digunakan untuk tanaman obat. Namun tahukah anda bahwa selain jahe putih yang biasanya juga ada jahe merah. Tak kalah hebatnya dengan jahe putih, ternyata jahe merah ini punya segudang manfaat yang belum banyak orang tahu. Jahe merah sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bahan obat obatan tradisional. Jahe merah ini mempunyai warna merah berbeda dengan jahe lainnya, hal ini karena pada kulit jahe merah terdapat zat antosianin. Manfaat jahe merah, manfaat jahe merah untuk kesehatan, manfaat jahe merah untuk pria, manfaat jahe merah untuk wanita, manfaat jahe merah untuk vitalitas pria. khasiat jahe merah bagi kesehatan. 

Sekilas tentang jahe merah.

Di Indonesia jahe atau nama latinnya Zingiber officinale secara umum ada tiga jenis  yang kita kenal  jahe putih, jahe gajah dan jahe merah.
Jahe merupakan tanam obat yang berbentuk rumpun, tanaman ini termasuk jenis tanaman temu temuan / Zingiberaceae. Perbedaan jahe merah dengan jahe lainnya dalah kandungan zat keton zingeron yang lebih banyak dari jahe putih dan jahe gajah sehingga jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas. Selain itu kandungan minyak atsiri yang lebih besar, yaitu 4% dari berat keringnnya.

Manfaat jahe merah bagi tubuh

.
Seperti dijelaskan di Atas kandungan zat atsiri, zat keton zingeron yang lebih banyak dari jahe lainya membuat jahe merah lebih efektif sebagai anti nyeri, antioksidan dan antibakteri bagi tubuh.
1.   Sebagai bahan laksatif untuk mengatasi masalah penernaan.
Kandungan minyak atsiri pada jahe merupakan antibakteri jahat dalam pencernaan. Hal ini dapat mencegah sakit perut.
2.   Mengurangi gejala nyeri otot dan sendi.
Kandungan oleorisin pada jahe merah lebih banyak dari pada jahe lainnya. Zat oleorisin ini dapat bertindak sebagai anti peradangan.
3.   Penurun kadar asam urat tubuh.
Menurut (Kemenkes) Kementrian Kesehatan Indonesia, jahe merah merupakan tanaman yang masuk 10 daftar  tanaman herbal yang efektif mengobati asam urat.
Berdasarkan penelitian International Journal of Scientific dan Technology pada tahun 2017 mengopres dengan jahe merah rutin dapat mengurangi nyeri asam urat pada pasien lansia.
4.   Meningkatkan fitalitas pria.
Menurut penelitian Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Jogjakarta, Minyak atsiri pada jahe merah memiliki efek afrodisiak. Xat ini mampu meningkatkan sirkulasi darah di daerah lemin.sehingga memungkinkan pria untuk ereksi.
5.   Mengurangi gejala demam, flu dan radang tenggorakan.
6.   Mencegah penyakit cardiovaskuler.


Bagaiman mengkonsumsi jare merah.



Untuk mengkonsumsi jahe merah bisa dilakukan pada dengan cara pada umumnya. Mengonsumsi jahe merah muda secara langsung, dihaluskan untuk bumbu masakan atau dicampur sebagai bahan minuman.
Demikian ulasan tentang jahe merah, meskipun mempunyai segudang manfaat jangan mengkonsumsi jahe merah secara berlebih karena jahe merah juga mempunyai efek samping berupa sakit perut, mulas hingga diare. Semoga bermanfaat, Wasalamualaikum Wr. Wb


0 Response to "Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui"

Posting Komentar